Selasa, 10 Juli 2012

PHONECELL

DAMPAK PENGEMBANGAN TEKNOLOGI INFORMASI

 Diposkan oleh Rohman Widianto September 19
Teknologi Informasi adalah suatu alat yang dapat meringankan beban atau kesulitan yang dialami oleh manusia. Oleh karena itu, kita harus bisa menggunakannya. Karena jika kita tidak dapat menggunakannya, kita akan terpengaruh oleh teknologi tersebut. Salah satu jenis teknologi informasi adalah internet, handphone, komputer, dan lainnya. Teknologi informasi memiliki dua efek, negativ dampak dan dampak positif. Internet adalah salah satu jenis internet. Internet adalah jaringan komputer yang terhubung secara internasional dan tersebar di seluruh dunia. Jaringan ini meliputi jutaan pesawat komputer yang terhubung satu sama lain dengan memanfaatkan jaringan telepon (baik kabel dan gelombang elektromagnetik). Jaringan memungkinkan jutaan aplikasi komputer antar komputer dalam jaringan diimplementasikan dengan dukungan perangkat lunak Internet dan perangkat keras diperlukan. Untuk bergabung jaringan ini, satu pihak (dalam hal ini provider) harus memiliki program aplikasi serta bank data yang menyediakan informasi dan data yang dapat diakses oleh pihak lain yang tergabung dalam internet. Internet memiliki dampak positif dan dampak negatif. Dampak positif dari internet adalah: saya bisa lebih mudah mencari ilmu, mencari ilmu untuk tugas tersebut, memberikan hiburan yang saya inginkan, mendapatkan uang, membeli barang, menjual barang, mereproduksi persahabatan teman dengan situs seperti facebook, friendster, blog ub, dan dll. Dampak negatif dari Internet adalah: ketergantungan terhadap dunia maya sehingga kita menjadi malas untuk berpikir dan mencoba, dapat merusak moral kita karena situs ini dilarang dan mempraktikkannya, kehilangan iman karena sugesti dan video yag diperoleh dari situs yang kurang baik, mendapatkan info belum tentu kebenaran, dan sebagainya. Handphone adalah salah satu Teknologi Informasi. Handphone juga memiliki dua dampak, yaitu dampak positif dan negatif. Dampak positif dari handphone sendiri adalah: Saya dapat memahami situasi keluarga saya meskipun saya tidak dengan dia, informasi penting dengan cepat disampaikan dan dokumen peristiwa yang paling khusus, memberikan hiburan dengan musik dan musik-video lucu jika ada , Dapatkan pengetahuan tentang perkembangan teknologi, Memperluas jaringan pertemanan, dan sebagainya. Dampak negatif dari handphone adalah:
 1. Mengganggu Perkembangan Anak dengan: Dengan fitur-fitur canggih yang tersedia di ponsel (HP), seperti kamera, permainan (game) akan mengganggu siswa untuk menerima pelajaran di sekolah? Tidak jarang mereka disibukkan dengan menerima panggilan, sms, miscall dari teman mereka bahkan dari keluarga mereka sendiri. Lebih parah lagi ada HP yang digunakan untuk berselingkuh (kecurangan) dalam replikasi. Bermain game saat guru menjelaskan pelajaran dan sebagainya. Jika dibiarkan, maka generasi yang kita harapkan akan menjadi budak teknologi.
 2. Radiasi efek Selain berbagai kontroversi seputar dampak negatif penggunaannya,. HP juga mempengaruhi penggunaan kesehatan, ada baiknya siswa lebih hati-hati dan bijaksana dalam menggunakan atau memilih HP, khususnya siswa anak-anak. Jika tidak begitu perlu, harus anak-anak seharusnya tidak diperbolehkan untuk menggunakan HP secara permanen.
3. Rentan terhadap kejahatan. Ingat, mahasiswa adalah salah satu target utama para penjahat.
 4. Sangat berpotensi mempengaruhi sikap dan perilaku siswa. Jika tidak ada kontrol dari guru dan orang tua. HP dapat digunakan untuk menyebarkan gambar yang mengandung unsur pornografi dan lain-lain yang tidak pantas dilihat mahasiswa.
5. Pemborosan Dengan HP memiliki, maka kita akan meningkatkan pengeluaran, terutama jika HP hanya digunakan untuk hal yang tidak bermanfaat maka hanya akan sia-sia. dan lainnya.
 Komputer adalah salah satu Teknologi Informasi. Komputer adalah perangkat elektronik yang membantu orang bekerja. Manusia dengan komputer lebih mudah untuk melakukan tugas-tugasnya. Komputer memiliki dua efek, baik positif maupun negatif ampak. Di antara dampak positif yang bisa kita dapatkan adalah dengan menggunakan program perangkat lunak pendidikan seperti pengetahuan dasar membaca, berhitung, sejarah, geografi, dan sebagainya. Selain itu, perangkat pendidikan ini kini juga diramu dengan unsur hiburan (entertainment) yang sesuai dengan materi, sehingga anak semakin suka. Dalam hal ini, komputer dalam proses pembelajaran, akan melahirkan suasana yang menyenangkan bagi anak. Gambar-gambar dan suara yang muncul juga membuat anak tidak cepat bosan, sehingga dapat merangsang anak untuk tahu lebih lanjut. Di sisi positifnya, anak bisa menjadi lebih rajin dan dirangsang untuk belajar berkonsentrasi. Namun, dampak negatif dari penggunaan komputer juga tidak bisa diabaikan. Salah satunya adalah kemungkinan anak, kemungkinan besar tanpa sepengetahuan orangtua, 'mengkonsumsi' games yang menampilkan unsur-unsur seperti kekerasan dan agresivitas. Banyak ahli pendidikan memperingatkan bahwa game kekerasan dan agresi beraroma ini adalah pemicu perilaku agresif pada anak-anak dan sadis.

 Kategori: STI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar