DAMPAK
PENGEMBANGAN TEKNOLOGI INFORMASI
Diposkan oleh Rohman Widianto September 19
Teknologi Informasi adalah suatu alat yang dapat meringankan beban atau
kesulitan yang dialami oleh manusia. Oleh karena itu, kita harus bisa
menggunakannya. Karena jika kita tidak dapat
menggunakannya, kita akan terpengaruh oleh teknologi tersebut. Salah satu jenis
teknologi informasi adalah internet, handphone, komputer, dan lainnya.
Teknologi informasi memiliki dua efek, negativ dampak dan dampak positif.
Internet adalah salah satu jenis internet. Internet adalah jaringan komputer
yang terhubung secara internasional dan tersebar di seluruh dunia. Jaringan ini
meliputi jutaan pesawat komputer yang terhubung satu sama lain dengan
memanfaatkan jaringan telepon (baik kabel dan gelombang elektromagnetik).
Jaringan memungkinkan jutaan aplikasi komputer antar komputer dalam jaringan
diimplementasikan dengan dukungan perangkat lunak Internet dan perangkat keras
diperlukan. Untuk bergabung jaringan ini, satu pihak (dalam hal ini provider)
harus memiliki program aplikasi serta bank data yang menyediakan informasi dan
data yang dapat diakses oleh pihak lain yang tergabung dalam internet. Internet
memiliki dampak positif dan dampak negatif. Dampak positif dari internet
adalah: saya bisa lebih mudah mencari ilmu, mencari ilmu untuk tugas tersebut,
memberikan hiburan yang saya inginkan, mendapatkan uang, membeli barang,
menjual barang, mereproduksi persahabatan teman dengan situs seperti facebook,
friendster, blog ub, dan dll. Dampak negatif
dari Internet adalah: ketergantungan terhadap dunia maya sehingga kita menjadi
malas untuk berpikir dan mencoba, dapat merusak moral kita karena situs ini
dilarang dan mempraktikkannya, kehilangan iman karena sugesti dan video yag
diperoleh dari situs yang kurang baik, mendapatkan info belum tentu
kebenaran, dan sebagainya. Handphone adalah salah satu Teknologi Informasi. Handphone juga memiliki dua dampak, yaitu dampak
positif dan negatif. Dampak positif dari handphone sendiri adalah: Saya
dapat memahami situasi keluarga saya meskipun saya tidak dengan dia, informasi
penting dengan cepat disampaikan dan dokumen peristiwa yang paling khusus,
memberikan hiburan dengan musik dan musik-video lucu jika ada , Dapatkan
pengetahuan tentang perkembangan teknologi, Memperluas jaringan pertemanan, dan
sebagainya. Dampak negatif dari handphone
adalah:
1.
Mengganggu Perkembangan Anak dengan: Dengan fitur-fitur canggih yang tersedia
di ponsel (HP), seperti kamera, permainan (game) akan mengganggu siswa untuk
menerima pelajaran di sekolah? Tidak jarang
mereka disibukkan dengan menerima panggilan, sms, miscall dari teman mereka
bahkan dari keluarga mereka sendiri. Lebih parah lagi ada HP yang
digunakan untuk berselingkuh (kecurangan) dalam replikasi. Bermain game saat guru
menjelaskan pelajaran dan sebagainya. Jika dibiarkan, maka generasi yang kita
harapkan akan menjadi budak teknologi.
2. Radiasi efek Selain berbagai kontroversi
seputar dampak negatif penggunaannya,. HP juga mempengaruhi penggunaan
kesehatan, ada baiknya siswa lebih hati-hati dan bijaksana dalam menggunakan
atau memilih HP, khususnya siswa anak-anak. Jika tidak begitu perlu, harus
anak-anak seharusnya tidak diperbolehkan untuk menggunakan HP secara permanen.
3. Rentan
terhadap kejahatan. Ingat, mahasiswa adalah salah satu target utama para
penjahat.
4. Sangat berpotensi mempengaruhi sikap dan
perilaku siswa. Jika tidak ada kontrol dari guru dan orang tua. HP dapat digunakan untuk menyebarkan gambar yang
mengandung unsur pornografi dan lain-lain yang tidak pantas dilihat mahasiswa.
5.
Pemborosan Dengan HP memiliki, maka kita akan meningkatkan pengeluaran,
terutama jika HP hanya digunakan untuk hal yang tidak bermanfaat maka hanya
akan sia-sia. dan lainnya.
Komputer adalah salah satu Teknologi
Informasi. Komputer adalah perangkat elektronik yang membantu orang bekerja. Manusia dengan komputer lebih mudah untuk melakukan
tugas-tugasnya. Komputer memiliki dua efek, baik positif maupun negatif
ampak. Di antara dampak positif yang bisa kita dapatkan adalah dengan
menggunakan program perangkat lunak pendidikan seperti pengetahuan dasar
membaca, berhitung, sejarah, geografi, dan sebagainya. Selain itu, perangkat pendidikan ini kini juga diramu dengan unsur
hiburan (entertainment) yang sesuai dengan materi, sehingga anak semakin suka.
Dalam hal ini, komputer dalam proses pembelajaran, akan melahirkan suasana yang
menyenangkan bagi anak. Gambar-gambar dan suara yang muncul juga membuat anak
tidak cepat bosan, sehingga dapat merangsang anak untuk tahu lebih lanjut. Di sisi
positifnya, anak bisa menjadi lebih rajin dan dirangsang untuk belajar
berkonsentrasi. Namun, dampak negatif dari penggunaan komputer juga tidak bisa
diabaikan. Salah satunya adalah kemungkinan anak, kemungkinan besar tanpa
sepengetahuan orangtua, 'mengkonsumsi' games yang menampilkan unsur-unsur
seperti kekerasan dan agresivitas. Banyak ahli pendidikan memperingatkan bahwa
game kekerasan dan agresi beraroma ini adalah pemicu perilaku agresif pada
anak-anak dan sadis.
Kategori:
STI
Tidak ada komentar:
Posting Komentar