Minggu, 20 Mei 2012

faktor-faktor Kerusakan arsip



FAKTOR KERUSAKAN ARSIP.
11. Faktor intrinsik arsip adalah kekuatan-kekuatan yang berasal dari dalam bahan-bahan yang digunakan untuk pembuatan warkat (arsip) itu sendiri.
Yaitu: tinta,pasta,lem dan alat perekat lainya dan disket yang terbuat dariberbagai bahan campuran. Bahan-bahan  itu bisa dapat merusak dari dalam. Kertas yang terbuat dari bahan-bahan kapas, flas, merang, kayu dan lain-lain, maka butir-butir kecil  yang menjadi bagian terkecil dari segala apa yang hidup yang ada dalam kertas itu selain mempunyai sifat pengawat tetapi juga mempunyai sifat pemusnah atau perusak. Air, bahan lapisan atas kertas seperti kanji, cuka, garam mineral dan zat besi yang menempel pada kertas masing-masing mempunyai kekuatan yang secara kimiawi dapat merusak arsip dari dalam. Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat kertas itu juga dapat mendatangkan seranga dan berkembanganya jamur, yang dapat menghancurkan kertas arsip pula. Tinta dan pita yang digunakan untuk menulis, mengetik dan mencetak warkat atau arsip mempunyai kualitas yang bervariasi. Penggunaan jenis tinta dan pita yang tidak baik (Tidak berkualitas), menyababkan tulisan yang dibuat diatas kertas mudah kuntur. Pasta lem dank lip yang terbuat dari kawat juga  mengandung bahan-bahan yang bersifat merusak pula.

2.    Fator ekstrinsik adalah Kekuatan-kekuatan dari luar yang mempengaruhi arsip, dalam hal inni bahan-bahan intrinsiknya, sehinga arsip-arsip dapat mengalami kerusakan dan kemusnahan secara fisik maupun substansif.
Faktor-faktor ektrinsik meliputi : kelembaban, udara yang terlampau kering, sinar matahari, kekotaran udara, debu jamur dan sejenisnya, rayap dan gegat, yang semuanya dapat merusak bahan arsip yang terbuat dari tinta, kertas, kulit, palstik, film, pita, disket dan lain-lain.

Pemeliharaan arsip adalah kegiatan yang dimaksudkan untuk mengusahakan keselamatn warkat-warkat dari berbagai faktor yang dapat merusak dan memusnakanya

Tiga (3)  aspek pemeliharaan Arsip
q   1. Pemeliharaan terhadap wujud fisik arsip
q   2. Menjaga tempat penyimpanan arsip dari serangan serangga dan hama
q   3 Pemeliharan lingkungan penyimpanan arsip dengan cara membersikan ruangan dengan penyedot debu. 
 
PENGAMANAN SECARA FISIK
INTERNAL


                           KERTAS
INTERNAL       TINTA
                           PEREKAT


PENGAMANAN SECARA FISIK
EKSTERNAL



               LINGKUNAGAN
                           SINAR MATAHARI
EKSTERNAL     DEBU
                           SERANGGA DAN KUTU
                           JAMUR dan SEJENISNYA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar